15Sep 2014

BPBD TINGKATKAN KAPASITAS PETUGAS DENGAN PELATIHAN DAN SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA

by Admin

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pakpak Bharat menggelar Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana. Kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan kapasitas Petugas dalam kesiap-siagaan yang tanggap, tangkas dan tangguh dalam penanggulangan bencana.

“Pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten Pakpak Bharat dalam hal ini BPBD sebagai penanggung jawab wilayah bencana untuk meningkatkan kapasitas petugas,” ujar Kepala BPBD Sartono Padang.

Pelatihan yang diikuti sedikitnya 120 peserta melibatkan narasumber dan instruktur dari BPDB Provsu dan Basarnas Medan. Sementara pelaksanaannya dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 20 sampai dengan 22 Agustus 2014 di gedung Serbaguna dan Lapangan Napasengkut.

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, MBA dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati, Ir.H. Maju Ilyas Padang pada acara pembukaan Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana di Gedung Serbaguna, Rabu (20/8) mengatakan bahwa pelatihan dan simulasi ini merupakan salah satu antisipasi pemerintah dalam menanggulangi bencana khususnya meningkatkan kapasitas petugas. Wabup juga mengharapkan agar pelatihan dan simulasi dapat berjalan efektif dan efisien sehingga ilmu yang didapat bermanfaat.”Pelatihan ini adalah kesempatan yang baik dan tepat bagi peserta untuk belajar dan menimba ilmu sebagai bekal dalam penangggulangan bencana, agar mereka siap siaga dan peduli terhadap ancaman dan resiko bencana,”kata wabup.